Jumat, 17 Januari 2020

Penanganan Guest Laundry dan House Laundry

PENERIMAAN CUCIAN TAMU

1. Sistem Pelayanan
  Pelayanan cucian tamu di hotel ada dua jenis, yaitu cucain tamu yang tinggal di hotel (guest laundry) dan dari tamu luar hotel (out side laundry). Secara operasional pelayanan ini meliputi pelayanan pencucian  biasa (laundry service), pelayanan cuci kering (ddry cleaning service), dan setrika (press only). Sedangkan waktu pelayanannya terbagi menjadi dua yaitu:


    a. One day service/ regular/ today
    adalah pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan atau dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 10.00 pagi dan akan dikembalikan pada pukul 18.00 pada hari yang sama
   b. Express service
adalah apabila tamu menghendaki pelayanan yang cepat, cucian/ pakaiannya selesai dicuci dalam waktu 2 sampai 3 jam. Untuk pelayanan ini biasanya hotel akan memberikan harga tambahan 100% dari harga normal
Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang mengirimkan cuciannya setelah jam 10.00. tetapi menginginkan selesai pada hari yan sama seperti halnya pada one day service. Pelayanan seperti ini pihak hotel akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal

2.      prosedur pelayanan
pengambilan cucian tamu dikamar menjadi tanggung jawab valet. Sedangkan untuk out side laundry tamu mengantar cuciannya ke hotel atau pihak hotel yang amengambil ke agen-agen laundry yang bekerjasama dengan hotel yang bersangkutan. Untuk penanganan out side laundry ini seksi counter bekerja sama dengan seksi valet pada saat pengecekkannya. Peralatan yangg harus dibawa valet pada saat pengambilan cucian tamu di kamar adalah tas cucian (laundry bag), dafftar cucian (laundry list), valet record dan alat tulis.
a.       prosedur pengambilan cucian tamu (guest laundry)
1.)    tamu yang berniat mencuciakan pakaiannya ke laundry dapat melalui beberapa cara, yaitu :
a.)    menghubungi seksi order taker
b.)    menggantungkan kartu pelayanan laundry ( laundry service bag) di pintu
c.)    memberitahukan kepada room attendant atau floor captain
2.)    informasi yang diterima oleh petugas di atas selanjutnya akan di informasikan kepada valet
3.)    setelah menerima informasi tersebut valet menuju ke kamar tamu sambil membawa perlengkapan yang diperlukan
4.)    sesampainya di kamar tamu valet mengetuk pintu kamar tamu 3x sambil menyebutkan identitasnya
5.)    apabila pintu dibuka oleh tamu ucapkan salam dan katakan keperluan anda
6.)    mintalah ijin kepada tamu untuk mengecek cucian
7.)    setelah melakukan pengecekkan dan pada kolom hotel sudah terisi, masukkan kembali cucian ke dalam tas laundry beserta dengan list nya
8.)    keluarlah dari kamar tamu ucapakan trimakasih kepada tamu
9.)    tutup pintu pelan-pelan letakkan laundry pada kereta laundry bila anda membawanya
10.)isilah valet record dan bawalah cucian ke ruang laundry serahkan kepada checker
11.)checker selanjutnya akan mengecek cucian tersebut
b.      penerimaan cucian tamu dari luar hotel (out side laundry)
1.)    tamu akan dating ke hotel untuk menyerahkan cuciannya ke hotel dan diterima oleh seksi counter. Apabila hotel memiliki agen maka valet akan mengambil cucian tersebut ke agen yang bersangkutan
2.)    seksi counter dan valet akan mengecek cucian yang dikirim oleh tamu dan mengisi kolom hotel pada laundry list
3.)    masukkan kembali cucian kotor beserta dengan listnya ke laundry bag dan serahkan ke checker untuk di cek kembali

B.     penerimaan cucian lena hotel
cucian lena hotel terdiri dari lena tata graha, tata hidang dan tata boga dan seragam karyawan. Teknik pengiriman lena kotor sangat bervariasi antara hotel yang satu dengan hotel yang lainnya.
Prosedur penerimaa cucian lena hotel (house laundry) adalah pengiriman lena kotor biasanya dilakukan oleh seorang linen attendant atau line boy. Ada juga pengirimannya dibawa langsung pleh petugas ke ruang lena atau laundry. Sedangkan untuk seragam karyawan biasanya diserahkan ke seksi uniform. Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut

C.     pengembalian cucaian bersih
setelah cucian selesai di proses, di setrika dan di pack petugas laundry akan mengembalikan kepada tamu sesuai dengan waktu pesanannya
1.      prosedur pengembalian cucian tamu hotel (guest laundry)
a.       setelah cucian selesai dipak atau digantung dan ditempel laundry list, valet akan mengumpulkannya
b.      valet membawa cucian-cucian tersebut ke kamar tamu sambil membawa laundry vocher
c.       ketuk pintu kamar tamu sambil menyebutkan identitas
d.      setelah dibuka katakan maksud dan tujuan anda
e.       setelah tamu mengecek cuciannya mintalah tamu untuk menandatangani laundry vocher
f.       ucapkan terima kasih dan tutup pintu kamar tamu pelan-pelan
g.      setelah semua laundry diserahkan kepada tamu, serahkan laundry vocher yang sudah ditandatangani ke kasir kantor depan
2.      prosedur pengembalian cucian tamu dari luar hotel (out side laundry)
a.       setelah cucian selesai dipak dan ditempel dengan laundry lilst aturlah di rak dengan rapi dan teratur
b.      apabila tamu/ pelanggan mengambil cucian mintalah laudry list yang aslu dari tamu dan cocokkan dengan laundry yang sudah diaatur di rak
c.       setelah cocok, serahkan kepada tamu. Apabila tamu menyelesaikan pembayarannya stempellah laundry vocher dengan stampel lunas
d.      serahkan laundry vocher beserta pembayarannya ke kantor depan
3.      prosedur pengembalian lena hotel (house laundry)
a.       lena food and beverage dan housekeeping
1.)    setelah cucian selesa lena tersebut di serahkan ke general linen room beserta listnya
2.)    linen attendant akan mengecek jumlah dan jenis cucian
3.)    serahkanlah ke seksi/ departemen yang mengirimnya tertera di dalam linen laundry list
b.      pakaian seragam karyawan
1.)    untuk pakaian seragam karyawan setelah dicuci, disetrika, dan digantung maka akan dibawa keruang lena
2.)    setelah dicek oleh seksi uniform selanjutnya akan diataur dalam lemari karyawan

D.    penyelesaian administrasi laundry
penyelesaian administrasi di laundry sangat bermanfaat untuk memudahkan perhitungan dan pengecekkan pencucian di laundry, digunakan bermacam-macam format sesuai dengan kegunaannya. Format ini dalam pengisiannya menjadi tanggung jawab masing-masing seksi
1.      daftar cucian (laundry, dry cleaning, pressing list)
format ini diisi oleh tamu dan valet. Fungsinya adalah sebagai alat kontrol atas setiap pencucian di laundry. Untuk cuci biasa akan menggunakan laundry list, untuk cucian kering menggunakan dry cleaning list dan untuk pelayanan setrika saja menggenakan pressing list.

Informasi atas cucian tersebut sesuai dengan saat menyerahkan dan service yang di minta. Makin cepat waktu pengembalian cucian (express) maka makin mahal biaya ongkos cuci.

Laundry list di setiap hotel tidak selalu sama. Informasi yang tertera biasanya tidak terlepas dari informasi penting. Biasanya list ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusaib sebagai berikut :
a.       asli untuk tamu
b.      copy ke dua untuk laundry
c.       copy ke tiga untuk arsip
2.      kwitansi pembayaran/ laudry vocher
laundry voucher dibuat berdasarkan laundry list, dry cleaning list, dan press list. Setiap list ini akan dibuatkan laundry voucher sendiri-sendiri meskipun dalam satu kamar.  Dari laundry voucher ini dapat diketahui berapa biaya pencucian yang harus dibayar tamu. Seddangkan untuk mengisinya menjadi tanggung jawab seksi counter dan administrasi.

Laundry voucher dibuat rangkap tiga dan pendistribusainya sebagai berikut :
a.       asli untuk tamu
b.      copy ke dua untuk laundry
c.       copy ke tiga untuk arsip
3.      list of voucher/ daily guest laundry recapitulation
list ini merupakan rekapitulasi dari laundry voucher yang umumnya dibuat dala satu shift. Dari datanya dapat kita lihat jumlah penghasilan laundry selama satu shift.

List ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusainya sebagai berikut :
a.       asli untuk tamu
b.      copy ke dua untuk laundry
c.       copy ke tiga untuk arsip
4.      linen laundry list
list ini digunakan untuk mencatat pengiriman cucian milik hotel (house laundry) yang terdiri dari lena food and bevarage departemen, housekeeping departemen dan uniform.
5.       valet record
adalah format yang digunakan oleh valet pada saat melaksanakan tugasnya selama satu shift

Latihan 3
Kerjakan latihan dibawah ini :
1. sebutkan tiga sistem pelayanan di laundry
2. apa yang dimaksud dengan express service?
3. mengapa seorang valet harus melakukan pengecekkan kembali pada saat mengambil cucian tamu
4. bagaimana prosedur pengambilan cucian tamu dalam hotel
5. bagaimana prosedur pengembalian cucian tamu dari luar hotel

Rangkuman
Pelayanan pencucian di laundry meliputi pencucian biasa (laundry), cuci kering (dry cleaning), dan setrika (press only). Sedangkan waktu pelayananya ada one day service dan express service. Pengambilan dan pengembalian cucian tamu merupaka tanggung jawab bagian valet. Untuk out side laundry seksi counter dan valet lah yang bertanggung jawab menanganinya. Pencucian lena hotel di distribusikan oleh linen attendant ke laundry. Sedang pengembalian house laundry di pusatkan di general linen room ke seksi masing-masing. Penyelesaian administrasi  bertujuan untuk mempermudah pengecekkan dan perhitungan laundry. Administrasi yang ada di laundry adalah :
a.       laundry list yang berfungsi sebagai alat kontrol cucian di laundry
b.      laundry voucher sebagai alat bukti pembayaran
c.       list of voucher sebagai rekapitulasi pendapatan laundry dalam satu shift
d.      linen laundry list digunakan untuk mencatat pengiriman cucian milik hotel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar